KAKIGATALGTLO.BLOGSPOT.COM JOIN WITH SOINS GORONTALO

WISATA AIR TERJUN 1 LOMBONGO, BONE BOLANGO-GORONTALO

Segernya Air..........Lombongo 1 Waterfall
By Hendra Dunggio
Objek Wisata Lombongo. Untuk kalangan orang gorontalo pasti tak asing lagi dengan objek wisata ini, iya sahabat blogger objek wisata ini sejak tahun 1980 telah dikenal menjadi objek wisata satu-satunya di Gorontalo pada saat itu, dan sampai hari ini objek wisata lombongo masih menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara menghabiskan waktu seharian untuk mandi di kolam Air Panas dan Air Dingin, serta menjadi destinasi wisata ..................
Sahabat blogger kali ini aku ingin ceritain pengalaman trip ke air terjun lombongo 1, iya aku sebut air terjun lombongo 1 karena di kawasan wisata di lombongo terdapat 2 air terjun......okay sahabat ini cerita lengkapnya..............
Tiga Bule Ceko yang Ikut Trip Air Terjun Lombongo 1
By Hendra Dunggio
Minggu tanggal 9 Mei 2015, sejak dari pagi aku sibuk telah duduk manis di teras rumah, tentunya setelah sebelumnya mandi dan mempersiapkan satu stelan t-shirt dan celana pendek serta sandal trekking hitam merk outdoor kesayanganku. jarum jam menunjukan pukul 09.00 wita, teman-teman Soins Gorontalo belum pula nongol, sesuai janji semalam trip ke air terjun lombongo 1 start pukul 09.00 wita, hmmmm......sedikit bete aku pun mengambil handphone lalu menghubungi beberapa teman dan semua menjawab "aku on the way bro", it's okay untuk mengisi waktu akupun mengeluarkan handphone androidku dan bermain COC. Setengah jam menunggu, rombongan teman-teman pun tiba beserta 3 orang bule Ceko yang kebetulan lagi jauh-jauh berlibur ke Gorontalo dan Togeans, tanpa menunggu komando akupun mengambil sepeda motor maticku dan langsung bergerak bersama teman-teman menuju Kawasan Wisata Lombongo.
Sahabat blogger bagi anda yang belum tau lokasi lombongo aku kasih info nih, bila anda berada di Kota Gorontalo maka arahkan kendaraan anda ke jalan Sultan Botutihe menuju ke arah timur lurus hingga akan memasuki gerbang perbatasan Bone Bolango-Gorontalo dan anda akan memasuki jalan Nani Wartabone yang terbilang jalan protokeler di Kabupaten Bone Bolango, dari gerbang tersebut anda terus melaju tetap ke arah timur sampai ujung jalan Nani Wartabone di desa Ale-Ale Kecamatan Suwawa lalu belok kiri dan anda akan memasuki jalan yang berdekatan dengan bukit. Jarak lombongo dari Kota Gorontalo sekitar 14 Km atau dengan waktu tempuh 30 menit. Lanjut deh ceritanya.......sahabat blogger sesampainya kami di kawasan pemandian air panas dan dingin lombongo, tepatnya di depan gerbang, kami pun membayar tiket masuk dengan tarif Rp. 5.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp. 2.500 untuk anak-anak, setelah membayar sesuai jumlah rombongan kami pun menemui Pak Harto, iya beliau adalah guide yang biasa menemani dan mengantar tamu menuju air terjun atau tamu yang ingin melakukan penelitian terhadap habitat hewan dan tumbuhan di sekitar kawasan lombongo, oh iya sahabat blogger......objek wisata pemandian air panas lombongo sebahagian wilayahnya berada dalam kawasan Taman Nasional Bogani Wartabone.
Photo Bareng Disat Rehat.........
By Hendra Dunggio
Setelah melakukan transaksi dengan pak harto dan harga yang disepakati Rp. 150.000, kami pun mulai bergerak menuju air terjun dengan melewati beberapa bak pemandian air panas dan air dingin serta menyeberangi sungai pertama, lalu kemudian jalan yang digunakan mulai menanjak memasuki kawasan hutan taman nasional, beberapa menit menanjak lalu jalanan pun mulai menurun dan kembali menyeberangi sungai, dan kami pun semakin masuk ke dalam hutan taman nasional bogani wartabone. Perjalanan terus berlanjut dan waktu telah menunjukan pukul 10.45 bila tidak salah ingat telah 3 kali kami menyeberangi sungai, mejelajahi jalan setapak yang kadang menanjak dan kadang pula menurun serta sesekali mendapati jalan yang landai, kondisi jalan lembab dan inilah ciri dari hutan trophys yang padat pepohonan lembab dan jarang terlihat sinar matahari. Kondisi ini semakin membuat adrenalin adventure kami semakin tertantang. Sesaat aku melihat beberapa teman yang semula ceria dan banyak bercanda perlahan mulai kelihatan lesu dan banyak diamnya hehehe.....mungkin mereka lelah setelah berjalan cukup jauh.....maklum baru mencapai setengah perjalanan atau baru menghabiskan waktu sekitar 1 jam dan masih tersisa 1 jam lagi......jangan tanyakan jaraknya berapa kilometer, maklum aku tidak membawa meteran buat ngukur setiap meter kaki melangkah hehehe......
Berhenti Sejenak & Menikmati Segernya Air yang Mengalir
Sahabat blogger.....setelah melewati Pos pertama, salah satu teman yang tidak biasa masuk hutan minta waktu break, dan kami pun memilih berhenti sejenak di sungai yang merupakan rute menuju air terjun, kesempatan rehat ini kami tidak sia-siakan untuk membasuh wajah kami sambil duduk di atas batu-batu sungai dan bercakap-cakap tentang indahnya pesona hutan Taman Nasional Bogani Wartabone yang kerubuti oleh rindangnya dedaunan pepohonan yang besar dan tinggi berdiri kokoh. Bule-bule ceko saja selalu mengucapkan kata wooww....perfect and it's wonderful, sepanjang jalan mereka tidak berhenti berkata Indonesian it's the best, and gorontalo so amazing....., "akhhh loe bule koprol deh sebab happy diajak kesini" spontan kata yang terucap dari Steve Saldy salah satu anggota Soins Gorontalo, sontak saja kami pun tertawa mendengarnya dan 3 bule itupun ikut tertawa seakan ngerti maksud ucapan canda dari teman tadi.
Air Bersih & Jernih yang Bersumber dari Air Terjun
By Zain Baladraf
Selepas rehat, kami pun melanjutkan perjalanan, dan kembali menyeberangi beberapa sungai dan melompati beberapa pohon tumbang serta bebatuan yang terdapat di rute yang digunakan. Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang dan melelahkan namun mengasyiikan akhirnya kami pun tiba di spot air terjun 1 lombongo. Waaawww......lihatlah air yang mengalir deras di dinding batu tebing dari ketinggian sekitar 20 meter dan jatuh di atas batu besar yang saat ini telah membentuk kubangan dengan diameter sekitar 3 meter, lalu mengalir ke arah kiri diantara bebatuan disebelahnya sehingga memberi kesan air terjun ini bersusun dua apabila kita melihatnya dari bawah......,melihat beningnya dan segarnya gunung yang masih murni tanpa terkontaminasi oleh polusi dan limbah membuat kami dan 3 bule keren spontan tanpa menunggu perintah langsung membasahi diri dan berdiri tepat dimana jatuhnya air dari atas tebing......sungguh kesan yang sangat susah untuk diungkapkan dengan kata......(lebay deh). Tapi memang sungguh suasana hati kami begitu terobati setelah lelah melakukan perjalanan, sangat sebanding antara lelah yang kami rasakan dengan kepuasan hati setelah menikmati segarnya air yang menyentuh kulit dan indahnya pemandangan hutan serta sejuknya udara, belum lagi kicauan burung yang terdengar merdu dan bervariasi jenisnya.
Akhirnya Kami Pun Tiba di Spot Tujuan Trip
Sahabat blogger setelah puas menikmati air, kami pun tidak ingin melewatkan pemandangan dan panorama alam yang masih asri dan terjaga dengan mengabadikan kedalam kamera digital dan handphone serta kamera video sebagai kenang-kenangan yang akan kami bawa dan ceritakan kepada seluruh dunia bahwa Gorontalo kaya akan destinasi wisata alam. Setelah kegiatan photo-photo dan ganti pakaian basah yang mulai mengering ditubuh kami pun segera berkemas-kemas karena hari mulai menjelang sore dan waktu telah menunjukan pukul 14.15 wita. Setelah semua barang bawaan telah dimasukan kembali ke dalam tas ransel masing-masing, kami mulai bergerak pulang dan kembali melalui rute semula dengan membawa kepuasan hati.
Sahabat blogger seperti biasa pula, pesan aku untuk sahabat blogger yang kelak akan mengunjungi spot air terjun 1 lombongo, mohon untuk tidak membuang sampah di lokasi atau sepanjang rute menuju air terjun 1 lombongo, serta tidak pula mematahkan ranting atau dahan tumbuhan yang dilewati, intinya jangan merusaklah hehehehe...........sesuai prinsip seorang backpacker "We Travel. We Care.....!!!".