KAKIGATALGTLO.BLOGSPOT.COM JOIN WITH SOINS GORONTALO

KaKiGaTalgrtlo.blogspot.com

Selasa, 19 Mei 2015

SEPENGGAL SURGA DI BILUHU BEACH

Pantai Biluhu. mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai yang satu ini, dari sejumlah objek wisata di Provinsi Gorontalo yang menawarkan keindahan pasir putih, hanya pantai Biluhu yang kurang di dengungkan oleh traveller,............nah sahabat blogger kali ini aku ingin menceritakan sepenggal surga di pantai Biluhu setelah aku menikmati langsung pesona pantai, tumbuhan dan taman laut yang dimiliki objek wisata ini.
Pesona Pantai dan Cottage di Sela-sela Tumbuhan Pantai
Pada hari sabtu tanggal 16 Mei 2015, aku sibuk mempersiapkan perlengkapan untuk menikmati weekend kali ini, sesuai janji semalam bersama teman-teman Soins Gorontalo, hari ini kami akan bertemu di sekretariat Soins Gorontalo tepat pkl. 14.00 wita dengan trip Biluhu Beach, sejenak aku lihat jarum jam telah menunjukan waktu pkl.13.12 wita, sepertinya telah waktunya aku on the way ke lokasi sekretariat yang harus ditempuh sekitar 15 menit dari tempat tinggalku. Sahabat blogger, sesampainya di sekretariat telah ada beberapa teman yang telah stand by dengan wajah-wajah ceria, tak selang berapa lama satu persatu bermunculan pula teman-teman lainnya hingga kami pun lengkap berjumlah 12 orang, dan tepat pkl. 15.00 wita kami pun melunjur dengan menggunakan sepeda motor menuju gorontalo sebelah barat melewati jalan ke arah Kelurahan Potanga Kota Gorontalo terus menuju kearah Kecamatan Batudaa di wilayah Kabupaten Gorontalo. oh iya sahabat blogger......terdapat tiga rute menuju ke Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai, yang pertama rute jalan melalui Kelurahan Pohe Kota Gorontalo menuju ke Batudaa Pantai dan rute jalan kedua adalah Jalan Raya Potanga Kota Gorontalo menuju Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo, nah sahabat blogger kami mengambil jalan kedua dengan pertimbangan jalannya lebih dekat dengan waktu tempuh 45 menit - 1 jam sampai di Desa Biluhu Timur dengan cukup mengisi BBM sepeda motor dengan biaya Rp. 20.000 untuk PP, dan rute ketiga melalui laut dengan menyewa perahu motor dengan tarif Rp. 300.000 yang biasa mangkal di Pantai Pohe Kota Gorontalo.
Agar sahabat blogger tidak keliru bila ingin pergi ke Biluhu Beach, aku kasih info nih sesuai trayek yang kami gunakan. Bila sahabat blogger telah sampai di Desa Barakati maka sahabat blogger akan menemukan perempatan yang dipojok kiri terdapat pangkalan ojek dengan bangunan pos terbuat dari papan berwarna cat merah, dari perempatan/pangkalan ojek tersebut sahabat blogger belok kiri menuju arah selatan dengan jalan yang mulai perlahan menanjak, sahabat blogger dapat langsung bergerak menuju ke atas menuju ke arah perbukitan yang bisa kami sebut puncak barakati-biluhu.
Pesona Danau Limboto dari atas Puncak Barakati
Lanjut deh ceritanya.......sahabat bolgger, saat perjalanan menanjak dari Desa Barakati menuju Desa Biluhu Timur, kami disuguhkan dengan pemandangan bukit-bukit yang indah dan mempesona serta hamparan air danau limboto yang ajiiib itu kata yang terungkap dari Steve Saldy Supit salah satu pengurus Soins Gorontalo. Sekitar 10 menit waktu yang ditempuh dalam perjalanan dari Desa Barakati menuju puncak Barakati-Biluhu,
Pesona Kabut Yang Menyelimuti Puncak Barakati-Biluhu
Pada saat di puncak kembali kami disuguhkan oleh pesona alam pegunungan yang diselimuti kabut, fenomena ini sangat sulit di dapatkan di wilayah Gorontalo yang terkenal dua musim oleh beberapa pendapat yakni musim panas dan musim panas sekali hahahaha...... Sahabat blogger dapat dibayangkan betapa senangnya hati kami ketika menjumpai fenomena pegunungan yang dibalut kabut........moment ini tidak kami sia-siakan dan langsung kami abadikan dalam kamera ponsel dan kamera digital yang kami bawa. Selanjutnya perjalanan kami lanjutkan dengan rute jalan menurun, dalam kondisi seperti ini yang dibutuhkan adalah kesigapan kami dalam mengendarai kendaraan dan kesigapan dalam menggenggam rem sepeda motor, maklum jalannya lumayan curam dan menukik.
Samar Terlihat Permukiman Desa Biluhu Timur
Selang waktu 5 menit kemudian tibalah kami pada pertigaan jalan trans selatan Pohe-Batudaa Pantai, dan kami mengambil jalur belok kanan lalu dengan jalan yang terus menurun, selang 2 menit kemudian tibalah kami di permukiman Desa Biluhu Timur. Sesampainya di Desa Biluhu Timur perjalanan dilanjutkan dengan mengambil jalur belok kiri memasuki lorong dengan jalan yang terbuat dari rabat beton, 100 meter dari gerbang lorong selanjutnya kami belok kiri dan menjumpai sebuah lapangan, rute berlanjut hingga ke ujung lapangan dan selanjutnya belok kanan lalu kemudian belok kiri dan perjalanan berlanjut sekitar 400 meter tetapa di jalur jalan permukiman rabat beton hingga sampailah diujung jalan dimana di depan mata terdapat bukit yang menjulang ke tepi pantai, sesaat kami  sedikit ragu karna kelihatannya seperti jalan buntu karena diantara ujung bukit dan pantai terdapat beberapa batu besar........namun ternyata ada sebuah jalan yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan sepeda motor dan berjalan kaki. Sahabat blogger tanpa berpikir lagi kami pun melanjutkan perjalanan dengan jalan yang beralaskan tanah yang aku perkirakan apabila turun hujan pastinya jalan ini akan berbecek, setelah melewati jalan antara batu besar dan dinding bukit seketika pun mata kami terbelalak karena takjub dengan pemandangan di depan kami.
Iya......benar sahabat blogger, di depan mata terpampang pasir putih yang dibalut beberapa batu karang kecil yang tersebar di beberapa titik pasir pantai.
Pantai Biluhu Dari Ujung Barat (Pintu Masuk)
Sahabat blogger hanya satu kesan yang dapat kami ungkapkan ketika berada di Pantai ini.............this is a little piece of hidden paradise......it's really Amazing....!!!. Di pantai ini terdapat 4 cottage yang representatif dengan fasilitas tempat tidur ukuran besar, kamar mandi, air tawar dan listrik dengan tarif Rp. 500.000/keluarga (4 orang) sudah termasuk 3 kali makan. Disamping itu pemilik cottage juga menawarkan perlengkapan snorkeling dan diving bagi yang ingin menikmati taman laut dengan corals yang terbentang sepanjang garis pantai dengan kedalaman 1-5 meter dan 10 spot diving yang beautyfull dengan kedalaman 5-10 meter dan terdapat gua-gua bawah laut dengan corals yang sangat menakjubkan yang hanya dapat ditandingi oleh taman laut olele........
Di areal pantai biluhu pula terdapat diding bukit yang membentuk tembok tinggi yang berdiri lurus dibelakang cottage, dan terdapat beberapa spot untuk olah raga climbing.
Pemandangan Pantai Dari Pondok Depan Cottage
Untuk menikmati indahnya pesona pantai yang merupakan perpaduan antara pesona pasir putih dan taman laut kami memutuskan untuk menginap semalaman dengan memilih salah satu cottage bagi teman-teman wanita menginap sementara yang laki-laki menggunakan dua buah tenda yang kami bawa serta hamock yang diberikan oleh pemilik cottage sebagai bonus sewa cottage (pemilik cottage Bapak Lubis Hp. 081340834919). Waktu semalaman kami habiskan dengan bermain gitar, bernyanyi dan bermain games dengan ditemani api unggun yang kami buat dari kayu-kayu kering yang bergeletakan di sekitar pantai, sahabat blogger menikmati malam di pantai ini dengan ditemani deburan ombak dan hembusan angin malam yang sejuk menambah romantisnya suasana. Pantai ini bisa dibilang sangat nyaman dengan privasi yang terjamin karena objek wisata pantai Biluhu adalah milik pribadi dari Bapak Lubis. Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati objek wisata ini dalam beberapa jam saja, dapat menggunakan pondok-pondok/kazebo yang tersedia di sepanjang pantai. Bagi sahabat blogger yang ingin menikmati Sunset sebaiknya berkunjung ke lokasi Pantai Biluhu ini pada bulan September-Desember karena Sunset terlihat tepat di depan pantai, namun bagi sahabat blogger yang ingin menikmati snorkeling dan diving sebaiknya datang pada saat air laut tenang dan tidak bergelombang besar.
Pesona Pantai dan Cottage
Pesona Pantai Dengan Background Cottage dan Dinding Bukit

Masih Dengan Pesona Pantai yang Eksotik

Pesona Bawah Laut Pantai Biluhu (Sumber YukPegi.com)

Pesona Corals di Pantai Biluhu (Sumber Youtube.com)

Crew Soins Gorontalo Sesaat Sebelum Meninggalkan Pantai Biluhu
So.......sahabat blogger, bila anda ingin menghabiskan waktu weekend anda, maka Biluhu Beach adalah salah pilihan terbaik yang dapat anda kunjungi. Seperti biasanya bila kita mengunjungi objek wisata maka pesan dari aku dan teman-teman Soins Gorontalo "Jagalah Kebersihan dan Kelestarian Objek Wisata" dengan motto "We Travel. We Care". By Zain Baladraf (Soins Gorontalo)